Kota Malang (HUMAS) – Pada hari Sabtu (30/03/24) pagi diadakan pertemuan Kepala Madrasah DR. H. Samsudin, M. Pd bersama calon Walimurid peserta didik baru (PPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang melalui jalur reguler dan jalur afirmasi tahun pelajaran 2024/2025. Pertemuan yang diadakan Virtual tersebut Kepala Madrasah didampingi Wakil Kepala Madrasah, dan Ketua Komite Prof. Dr. Agus Maimun, M. Pd didampingi pengurus Komite. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya madrasah untuk mensosialisasikan profil dan program serta prestasi madrasah kepada calon Walimurid, yang putra/putrinya lolos pada PPDB Jalur Reguler dan Afirmasi, di Auditorium Gedung Sains Terpadu Lantai IV.

Pertemuan yang diadakan melalui media virtual tersebut diikuti semua calon orang tua/wali murid yang dinyatakan lolos atau diterima sebagai calon peserta didik baru Jalur Reguler dan Afirmasi Tahun Pelajaran 2024/2025. Acara yang dimulai pukul 08.30 Wib tersebut diawali dengan pembacaan Asmaul Husna dan penanyangan video profil madrasah.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Madrasah H. Samsudin menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan wali murid yang mendaftar pada PPDB dan ucapan selamat atas lolosnya putra/putrinya pada seleksi PPDB di gelombang ke 2 melalui jalur reguler dan afirmasi, sekaligus menyampaikan paparan umum MAN 2 Kota Malang melalu program unggulan dalam mendukung pembelajaran dan prestasi peserta didik selama ini.

” Alhamdulillah MAN 2 Kota Malang saat ini adalah lembaga yang mengedepankan prestasi dan akhlaqul karimah yang sudah dikenal publik dengan prestasi nasional dan internasional selama tahun pelajaran 2023/2024 semester 1 saja sekitar 687 prestasi nasional dan internasional terbanyak diantara madrasah di Indonesia, serta 408 siswa diterima di perguruan tinggi favorit di Dalam dan Luar Negeri, untuk itu kami sampaikan selamat kepada Bapak/Ibu calon Wali murid dan hal ini diharapkan bersyukur atas prestasi ananda yang sudah diterima di Madrasah , dan juga mohon dukungan seluruh wali siswa untuk mendukung program kerja ditahun pelajaran mendatang untuk lebih baik, dan semoga menjadi motivasi ananda untuk lebih baik dari kakak-kakaknya nanti dan semoga menjadi Wasilah bagi ananda untuk menjadi anak yang Soleh/Sholihah kebanggan didunia hingga diakhirat kelak.” Ucap Kamad.

Ketua Panitia sekaligus Waka Kesiswaan Ali Mukti, M. Pd melaporkan bahwa penerimaan peserta didik baru (PPDB) gelombang pertama melalui jalur undangan, prestasi dan terpadu sekaligus program unggulan madrasah yang sudah dilakukan dan akan diprogramkan tahun pelajaran mendatang.
” Berdasarkan data yang masuk dalam aplikasi pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2024/2025 gelombang 2 jalur reguler dan afirmasi dengan jumlah pendaftar1823 siswa, Lolos berkas untuk mengikuti tes sebanyak1626 siswa, kemudian yang lolos hasil Tes PPDB Jalur Reguler dan Afirmasi adalah sebagai berikut : Untuk Persiapan peminatan IPA sejumlah 120 siswa, Persiapan peminatan IPS 51 siswa, Persiapan peminatan Bahasa 9 siswa dan Persiapan peminatan MAPK 14 siswa dengan total yang lolos adalah 194 siswa, semoga dengan kehadiran peserta didik baru dapat meningkatkan prestasi akademik dan non akademik madrasah di tahun depan, ” ujar Mr. Ali panggilan akrabnya.

Sementara itu dalam paparan Profil Kemahadan disampaikan oleh Ketua Ma’had Al Qalam H. Taufiq WAS, Lc, MA menyampaikan tentang Visi Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang secara filosofis dan nilai-nilai dasar yang selama ini dilakukan sebagai bagian dari Madrasah.

“Mewujudkan Ma’had Al Qalam sebagai lembaga pendidikan yang melahirkan generasi alim, abid dan hanif. Karena dengan ‘Alim diharapkan peserta didik memiliki kompetensi keilmuan yang tinggi terutama di bidang ilmu agama. Kemudian ‘Abid diharapkan memiliki kompetensi keilmuan dan bertanggung jawab untuk mengamalkannya, serta Hanif diharapkan siswa melakukannya secara istiqomah.” jelas HA.Taufiq yang pernah S1 di Al Azhar Cairo Mesir.

Usai Kepala Madrasah dan Managemen Madrasah menyampaikan paparan program unggulan madrasah, kemudian disambung secara bergantian sesi sosialisasi pendukung program kerja madrasah bidang program kerja dan progres pembangunan selama ini disampaikan oleh Ketua Komite Madrasah Prof. Dr. H. Agus Maimun, M. Pd dan bidang pendanaan dalam rangka supporting program unggulan madrasah disampaikan oleh Bendahara dr. H. Nur Kholis Qomari.
Dalam sambutanya Ketua Komite, Prof. Agus Maimun, M. Pd menyampaikan program komite untuk mendukung semua program unggulan MAN 2 Kota Malang yang sudah direncanakan setiap tahunnya dan pembangunan fisik yang modern dan kekinian untuk mendukung program inovasi pembelajaran dan prestasi madrasah selama ini.

” Untuk mendukung program unggulan selama ini dan menunjang prestasi peserta didik dibidang akademik dan non akademik serta membangun sarana prasarana yang modern dan kekinian dibutuhkan peran dari seluruh wali murid peserta didik demi kelancaran inovasi pembelajaran dalam mendukung prestasi peserta didik Madrasah yang selama ini telah diraih dengan sangat mengembirakan secara nasional maupun internasional, termasuk studi lanjut d semua perguruan tinggi di Indonesia dan bahkan beasiswa perguruan tinggi diluar negeri.” Ujar H. Agus Maimun Guru Besar di UIN Maulana Malik Ibrahim.

Sementara itu dokter Nur Kholis selaku Bendahara Komite menyampaikan rincian kebutuhan anggaran dalam mendukung program kerja dan program unggulan Madrasah selama 1 tahun kedepan yang sudah direncanakan oleh madrasah bersama komite setiap tahunya.

” Sebagai Komite selama ini kami sudah mengawal setiap kebutuhan pendanaan program kerja madrasah dan selama ini komite juga membantu kebijakan pendidikan berkaitan dengan kebutuhan dalam menunjang pembelajaran , prestasi dan sarana pembelajaran pendidikan lainnya .” Jelas dokter Nurkholis yang juga menjadi Dokter Madrasah.
(Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait